PT. Eksonindo Multi Product Industry (EMPI) adalah sebuah perusahaan yang bergerak di dalam bidang pembuatan tas
, fashion dan aksesoris. Perusahaan ini memulai bisnisnya pada tahun 1956 sebagai firma kecil yang memproduksikan tas-tas sekolah dengan model bermacam-macam.
Kemudian ditahun 1979, perusahaan ini melebarkan sayapnya untuk meraih pasaran yang lebih meluas. Perusahaan ini jalankan oleh Ronny Lukito, seorang anak ketiga dari pasangan Lukman-Kurniasih. Perusahaan ini memiliki moto yaitu "
To be the frontier bags and fashion industries"
Merk Produk
PT. Eksonindo Multi Product Industry telah berhasil membuat beberapa merk yang menguasai pasaran Indonesia dan luar negeri, seperti Libanon
, Singapura
, Filipina, dan Jepang.
[1] Masing-masing merk punya ciri khas dan target pasar yang berbeda. Merk tersebut diantaranya adalah:
Dengan melihat perkembangan tersebut perusahaan ini mulai membangun
tempat produksi yang lebih luas di wilayah Kopo Bandung dengan areal
6.000 meter persegi serta diluncurkannya tas dengan mrek
Exxon. Kemudian Ronny Lukito baru mengetahui bahwa kalau nama ini identik dengan nama perusahaan minyak Exxon Mobil Corporation, maka tak lama kemudian nama tersebut diganti dengan Exsport yang merupakan penggalan dari kata
Export dan
Sport. Pasaran Exsport ditujukan untuk anak muda khususnya remaja putri, dengan ciri warna dan desain yang khas.
Eiger lahir tahun 1993. Nama Eiger yang diambil dari nama Gunung Eiger
di Swiss dan dicetuskan oleh pemilik Eiger, Ronny Lukito. Eiger ditujukan untuk peralatan kegiatan
outdoor, seperti mendaki gunung, kemah, panjat tebing dan aktifitas lainnya yang masih menyangkut masalah kegiatan luar.
Saat pertama kali dibentuk, Eiger memulai dengan tas. Saat itu Eiger
belum memiliki toko hanya sebatas rumah kontrakan yang difungsikan
sebagai kantor. Pada tahun 1998 Eiger baru memproduksi produknya
sendiri. Dengan diawali 2 tukang jahit kini Eiger sudah memiliki 800
penjahit dengan pabrik di Soreang, Bandung
.
Bodypack adalah produk desain yang lebih dinamis, sportif, dan ciri khas
streetwear sehingga targetnya lebih spesifik untuk anak muda hingga dewasa, yang memiliki karakter sportif dengan gaya
streetwear.
Neosack lebih ditujukan untuk tas perlengkapan sekolah untuk target remaja SLTP dan SMU.
Xtreme adalah produk yang ditujukan untuk memenuhi kebutukan
pengendara motor khsusnya pria, mulai dari ujung kaki sampai ujung
kepala. Dengan tagline "The Ultimate Riding Gear", produk-produk Xtreme
dibuat sesuai fungsi dan kebutuhan pengendara motor. tas XTREME sendiri
memiliki disain Macho dan melambangkan ketangguhan pemakainya.
Senada dengan produk Eiger, Nordwand adalah produk yang ditargetkan
untuk para petualang, dengan harga yang setingkat dibawah produk Eiger.
Setiap tahun, perusahaan ini memproduksi 2.500.000 tas dengan 8.000 desain
yang berbeda, yang mereka harapkan akan merajai pasaran. Dengan
dikeluarkannya bermacam-macam merk dengan fungsi dan nama yang lebih
spesifik, diharapkan produk mereka tidak saling memakan dipasaran antara
produk yang satu dengan yang lainnya. Maka tas yang dipakai untuk
kegiatan naik gunung tentu akan berbeda pula.
Model-model yang sedang tren di blantika mode internasional menjadi acuan perusahaan ini dalam mengeluarkan produk terbaru. Dengan dukungan para desainer jebolan dari berbagai macam universitas seperti diantaranya, ITB maupun Universitas Trisakti. Perusahaan ini setiap bulan setidaknya mampu mengeluarkan 40 model tas dan produk lainnya.
0 komentar:
Posting Komentar